4 Kandungan Makanan yang Perlu Anda Dibatasi Karena Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

  • Whatsapp

Ginjal adalah salah satunya organ penting pada tubuh manusia. Ginjal mempunyai banyak peranan, salah satunya menyaring darah, buang sampah atau kotoran tersisa metabolisme, mengatur tekanan darah, serta mengendalikan kesetimbangan cairan serta elektrolit di darah.

Waktu satu orang alami tidak berhasil ginjal, beberapa fungsi ginjal itu tidak berjalan normal. Tidak berhasil ginjal bukan sekedar dikarenakan oleh satu penyakit atau pola hidup yang tidak sehat. Efek Anda alami tidak berhasil ginjal akan bertambah bila Anda seringkali konsumsi makanan yang didapati bisa mengakibatkan tidak berhasil ginjal.

Read More

Memperhatikan kesehatan ginjal bisa Anda kerjakan dengan batasi mengonsumsi beberapa makanan pemicu tidak berhasil ginjal di bawah ini:

1. Makanan tinggi garam (natrium)

Anda bisa saja konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam (natrium/sodium). Namun, banyaknya butuh dibatasi, yakni tidak kurang dari 2000 mg sodium sehari-harinya. Batas konsumsi sodium yang direferensikan untuk pelihara kesehatan ginjal itu sama dengan 1 sampai 1,5 sendok teh garam /hari.

Saat Anda konsumsi kebanyakan garam, ginjal butuh kerja lebih keras untuk buang natrium. Bertambahnya beban kerja ginjal berikut yang bisa mengakibatkan kerusakan ginjal serta mengakibatkan tidak berhasil ginjal.

Diluar itu, konsumsi garam atau natrium ini butuh dibatasi sebab bila banyaknya kebanyakan, dapat memunculkan tekanan darah tinggi. Bila dibiarkan berkelanjutan, tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan kehancuran ginjal permanen.

Beberapa makanan tinggi sodium yang butuh Anda batasi ialah makanan olahan, seperti sosis, kornet, serta ikan asin. Waktu konsumsi makanan olahan, lihat kandungan natrium yang tercantum pada paketannya. Bila ada, semestinya pilih makanan yang memiliki loabel rendah garam atau salt free.

2. Makanan yang memiliki kandungan kebanyakan protein

Protein pada intinya mempunyai banyak faedah buat kesehatan, salah satunya melakukan perbaikan jaringan badan, memperhatikan kesehatan tulang, mengatur tekanan darah, serta tingkatkan massa otot. Tetapi bila jumlahnya yang dikonsumsi melewati keperluan, protein malah punya potensi mengakibatkan kerusakan ginjal.

Waktu badan mendapatkan konsumsi protein dari makanan, protein itu akan diproses lewat proses metabolisme. Proses ini akan membuahkan zat tersisa atau sampah yang nanti akan dibuang dari pada tubuh oleh ginjal.

Konsumsi kebanyakan makanan berprotein tinggi akan membuat beban kerja ginjal bertambah sebab harus buang makin banyak zat tersisa metabolisme protein. Berikut yang jadikan salah satunya fakta kenapa pasien penyakit ginjal, seperti tidak berhasil ginjal, butuh batasi konsumsi protein.

Referensi konsumsi protein harian yang disarankan untuk orang dewasa ialah 55-60 gr /hari. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi diantaranya daging, ikan, kacang-kacangan, telur, dan susu serta olahannya, seperti yoghurt serta keju.

3. Makanan tinggi gula

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gula bisa mengakibatkan kandungan gula darah tinggi. Bila rutinitas ini tidak di stop, gula darah yang tinggi ini makin lama bisa mengakibatkan insulin susah kerja. Mengakibatkan, Anda dapat alami diabetes.

Bila telah alami diabetes, lebih bila kandungan gula darah condong tidak termonitor, bisa ada komplikasi pada ginjal yang disebutkan nefropati diabetik. Berikut fakta kenapa rutinitas konsumsi makanan tinggi gula bisa mengakibatkan kehancuran ginjal.

Oleh karenanya, awalilah batasi mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula. Beberapa makanan tinggi gula yang mungkin seringkali Anda jumpai ialah kecap manis, permen, cokelat, es cream, serta sereal.

4. Makanan tinggi fosfor

Fosfor sebetulnya diperlukan badan untuk memperhatikan kesehatan tulang. Namun, jumlahnya konsumsinya harus dilihat, karena beberapa riset mengatakan jika konsumsi kebanyakan fosfor bisa tingkatkan efek satu orang alami penyakit ginjal.

Mengonsumsi fosfor semestinya tidak kurang dari 1000 mg /hari. Bila Anda konsumsi fosfor makin banyak dari itu, tidak cuma penyakit ginjal yang mengawasi Anda, dan juga penyakit jantung serta perlemahan tulang.

Makanan yang butuh dibatasi sebab memiliki kandungan tinggi fosfor ialah:

  • Dark chocolate.
  • Susu dan produk olahannya, seperti keju.
  • Ikan laut.
  • Daging serta dalaman.
  • Sayuran, khususnya bayam, kangkung, serta lobak.
  • Kacang-kacangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *