6 Hal yang Harus Ada pada Label Produk

  • Whatsapp
6-Hal-yang-Harus-Ada-pada-Label-Produk
Foto dari Canva Pro

Perusahaan label Indonesia KDS merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan label atau stiker di Indonesia. Terdapat berbagai macam label atau stiker yang dapat dicetak seperti label barcode, label harga, label kosmetik, label makanan dan minuman, label farmasi, dan jenis label lainnya.

Nah, bila Anda berencana untuk mencetak label produk dengan menggunakan jasa KDS Label, terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui sebelumnya. Misalnya saja, informasi penting apa sajakah yang harus tercantum di dalam label? Simak penjelasan berikut ini.

Read More

Informasi Penting yang Harus Ada pada Label

Berdasarkan informasi yang dikutip dari smartlegal.id hal penting yang harus ada di label, diantaranya:

1. Nama dan alamat produksi

Nama dan alamat produksi harus tercantum secara jelas pada label. Hal ini menunjukkan adanya asal usul dari sebuah produk yang beredar di pasaran. Dengan begitu konsumen bisa memperoleh informasi mengenai siapa yang memproduksi produk atau pihak mana yang mengimpor produk tersebut.

2. Legalitas

Di Indonesia informasi mengenai legalitas ditunjukkan dengan adanya stempel dan nomor izin edar dari BPOM serta bersertifikat halal bagi produk makanan, obat-obatan, dan lainnya. Legalitas ini merupakan komponen yang sangat penting untuk dicantumkan pada label.

Dikarenakan dengan adanya legalitas artinya produk tersebut telah disetujui oleh pihak BPOM untuk di edarkan sehingga konsumen tidak perlu khawatir mengenai kelegalan atau kehalalan suatu produk.

3. Komposisi produk

Kompoisi produk meliputi bahan penyusun dari produk tersebut dan untuk produk tertentu seperti makanan dan minuman perlu disertai dengan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Hal ini nantinya yang akan menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut.

4. Tanggal produksi dan masa berlaku

Tanggal produksi dan masa berlaku (tanggal kedaluarsa) juga penting untuk dicantumkan pada label. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya efek yang tidak diinginkan ketika produk yang sudah tidak layak konsumsi masih digunakan oleh konsumen.

Selain itu, informasi mengenai masa berlaku produk ini juga berfungsi untuk manajemen produk yang ada di gudang atau di toko. Apabila terdapat produk yang sudah melewati masa berlaku maka pihak toko atau pengurus gudang stok produk bisa mengeliminasi produk tersebut.

5. Berat besih

Informasi berat bersih berarti menunjukkan berapa jumlah produk yang terdapat di dalam kemasan. Umumnya, berat bersih ini menggunakan satuan kilogram, gram, milligram, liter, atau pun milliliter.

6. Kode produksi

Tercantumnya kode produksi pada label bertujuan untuk mengelompokkan produk ketika masih ada di gudang penyimpanan. Sehingga terdapat kemudahan dalam pengelolaannya.

Itulah beberapa komponen penting yang harus dicantumkan pada label. Baik itu label makanan dan minuman, kosmetik, ataupun label lainnya. Semoga bisa membantu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *