Alasan Kenapa Selalu Kentut Saat Olahraga dan Tips Mengatasinya

  • Whatsapp

Kentut ialah gas yang ada pada perut Anda. Gas ini dibuat sejumlah besar saat badan mengolah makanan. Nah, kentut memiliki kandungan beberapa gas, seperti hidrogen, karbon dioksida, metana, hidrogen sulfida, serta amonia.

Semua gas yang dipecah oleh usus ini tidak dapat tinggal terus di perut. Gas itu harus dikeluarkan dari badan.

Read More

Anda pasti dapat memikirkan tidak nikmatnya sulit buang angin, kan? Perut jadi kembung serta tidak nyaman. Tetapi, apa yang terjadi bila Anda terus kentut saat olahraga?

Jangan kuatir, nyatanya kentut waktu olahraga ialah hal yang normal. Ada banyak fakta mengapa Anda seringkali kentut waktu beraktivitas fisik ini, yakni:

1. Pergerakan olahraga

Tahukah Anda jika olahraga nyatanya dapat menyebabkan buang angin? Peyton Berookim, MD, seseorang dosen di Gastroenterology Institute of Southern California mengatakan pada situs Health, “Setiap pergerakan yang merubah postur badan, bisa menggerakkan gas di perut keluar melalui anus.”

Pergerakan itu mencakup pergerakan berayun, menggerakkan, jongkok, atau membungkuk. Pergerakan ini umumnya seringkali dikerjakan waktu lakukan latihan pilates, yoga, bersepeda, atau angkat beban.

Diluar itu, terus kentut waktu olahraga dapat juga berlangsung waktu lakukan latihan aerobik seperti lompat tali atau lari. Latihan itu sangat mungkin organ pada tubuh naik serta turun hingga percepat pergerakan gas di perut keluar lewat anus.

2. Pernafasan waktu olahraga

Tidak hanya pergerakan, nyatanya pernafasan waktu olahraga dapat juga menyebabkan kentut. Kok, dapat? Olahraga bisa merubah pernafasan Anda jadi bertambah cepat, misalnya waktu Anda lari. Ini mengakibatkan udara yang tertuju ke organ paru, tergerak beberapa ke lambung serta usus secara cepat.

Tidak hanya pergerakan gas yang cepat, pernafasan yang tidak benar waktu olahraga sangat mungkin terdapatnya gas terlalu berlebih di perut. Mengakibatkan, gas akan menumpuk serta badan butuh mengeluarkannya melalui kentut yang mungkin terus-terusan waktu Anda olahraga.

3. Type makanan sebelum mengawali olahraga

Makanan jadi salah satunya pemicu Anda seringkali kentut. Ditambah lagi, bila type makanan tersendiri dikonsumsi sebelum Anda olahraga.

Menurut situs Mayo Clinic, kacang-kacangan, kubis, kol, susu, serta makanan yang memiliki kandungan fruktosa serta sorbitol mengakibatkan gas di perut hingga rawan membuat satu orang buang air.

4. Minum air secara cepat serta banyak

Tidak hanya type makanan tersendiri, minum secara cepat dapat juga membuat Anda terus kentut waktu olahraga. Minum tergesa-gesa dalam jumlahnya banyak mengakibatkan semakin banyak udara tertelan ke aliran pencernaan.

Mengakibatkan, gas itu tergerak ke usus serta dibuang melalui anus bersama dengan gas yang lain.

Menahan supaya tidak terus kentut waktu olahraga

Walau sehatkan, buang angin yang berlangsung terus menerus pasti dapat membuat Anda terusik serta malu. Anda pasti tidak mau ketahuan buang angin oleh beberapa orang, kan?

Bila tidak mau kentut mengganggu ritual olahraga, Anda dapat menyiasatinya. Turuti beberapa tips-nya di bawah ini:

  • Makan paling tidak satu jam sebelum Anda mengawali olahraga. Jejeran makanan penyebab kentut yang sudah disebut awalnya, tidak memberi dampak yang sama pada kebanyakan orang. Jadi, Anda butuh coba lebih dulu apa makanan itu memang menyebabkan kentut pada Anda ataukah tidak.
  • Kerjakan latihan pernafasan secara baik. Triknya dengan tingkatkan konsentrasi pada tiap pergerakan, kerjakan pergerakan dengan perlahan-lahan tidak cepat-cepat.
  • Minum dengan tenang. Supaya tidak terus kentut waktu olahraga Anda dapat minum seringkali di session istirahat. Bukan minum banyak air sesudah olahraga usai dikerjakan. Jadi, Anda tidak kehausan serta minum cepat-cepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *