Bahayakah Lakukan Mandi Saat Berkeringat?

  • Whatsapp
Bahayakah-Lakukan-Mandi-Saat-Berkeringat
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Beberapa orang beranggapan bahwa lakukan mandi saat berkeringat itu tidak boleh. Benarkah demikian? Pada dasarnya mandi setelah mengeluarkan keringat sangat baik untuk dilakukan. Pasalnya, mandi dilakukan sebagai salah satu upaya untuk membersihkan diri.

Bahayakan Melakukan Mandi Saat Berkeringat

Pada saat melakukan aktivitas dan Anda mengeluarkan keringat, maka mandi sangat aman dilakukan dan bahkan dianjurkan. Adapun alasannya adalah karena pada saat itu kulit dalam keadaan yang lembab sehingga memudahkan bakteri dan jamur berkembang pada kulit.

Read More

Dampak buruknya bisa terjadi iritasi atau muncul masalah kulit jika tidak segera dibersihkan. Sehingga kuman, kotoran dan juga minyak yang menempel pada tubuh juga bisa terangkat dan hilang. Hal inilah mengapa sangat dianjurkan untuk segera mandi pada saat berkeringat.

Bahkan, jika Anda tidak sempat untuk mandi, Anda diminta untuk segera mengganti baju yang basah karena keringat dengan baju yang kering. Tujuannya untuk mengurangi terjadinya iritasi dan infeksi. Nah, bagi Anda yang sering berkeringat, mungkin Anda akan ketakutan karena mandi terlalu sering bisa mengakibatkan kulit kering. Nah, di bawah ini akan ada tips lakukan mandi saat berkeringat yang bisa dicoba.

Tips Mandi saat Berkeringat

1. Menggunakan Air Hangat atau Air Dingin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan air dingin atau hangat. Menggunakan kedua jenis air ini dapat mencegah terjadinya nyeri otot setelah beraktivitas seharian. Namun, di sini pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas karena bisa mengakibatkan kulit gatal, kering dan juga mudah meradang.

2. Batasi Durasi Mandi

Ketika Anda berkeringat, ada baiknya jika waktu mandi dibatasi. Anda bisa mandi dengan waktu maksimal 5-10 menit saja agar kelembaban kulit tetap terjaga.

3. Menggunakan Sabun Antibakteri

Agar kuman dan bakteri hilang saat Anda berkeringat, maka pastikan bahwa Anda mandi dengan menggunakan sabun antibakteri. Namun, pastikan penggunaannya pas karena sabun antibakteri bisa menyebabkan kulit kering jika digunakan terlalu banyak,

4. Gunakan Pelembap

Setelah Anda selesai mandi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap. Dengan menggunakan pelembap, maka kulit akan tetap lembap dan tidak mudah kering meskipun sering mandi.

Jika melihat penjelasan di atas berarti membuktikan bahwa lakukan mandi saat berkeringat itu tidak berbahaya. Justru hal ini sangat dianjurkan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *