Cara Mengobati Dehidrasi Paling Mudah dan Ampuh

  • Whatsapp
Cara-Mengobati-Dehidrasi-Paling-Mudah-dan-Ampuh
Foto dari Canva Photos Unlimited

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan asupan cairan. Dehidrasi disebabkan karena kurangnya konsumsi air. Padahal seperti yang sudah diketahui bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidup dan membantu kinerja organ tubuh. Kurangnya cairan tubuh akan memengaruhi keseimbangan kadar gula, mineral, dan garam di dalam tubuh.

Cara Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi yang dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani dapat mengganggu dan merusak fungsi organ, bahkan dapat menyebabkan kematian. Dehidrasi dapat ditandai dengan timbulnya rasa haus, mulut terasa kering dan lengket, pusing, dan urine berwarna kuning pekat. Selain minum air putih, pengobatan dehidrasi bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu sebagai berikut.

Read More

1. Buah-buahan

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, pir, melon, tomat, atau anggur untuk membantu mengatasi dehidrasi. Anda bisa memakannya secara langsung atau dengan cara diblender. Minum jus buah dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sumber energi, dan mencegah dehidrasi.

2. Minuman Alami atau Infused Water

Jika Anda merasa bosan dengan air putih yang tidak memiliki rasa, Anda bisa membuat infused water sebagai alternatif untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa menambahkan beberapa helai daun mint dan potongan buah seperti jeruk nipis, lemon, atau stroberi ke dalam air putih.

Selain infused water, alternatif lainnya untuk mengobati dehidrasi yaitu mengonsumsi air kaldu, minuman herbal alami, jus buah, dan minuman berkarbonasi yang bebas kafein. Anda bisa segera menanganinya jika mulai timbul gejala dehidrasi.

3. Cara Lain Atasi Dehidrasi

Selain dua cara di atas, mengatasi dehidrasi bisa Anda lakukan dengan beberapa cara berikut ini. Cara ini sangat mudah dan bisa Anda coba di rumah apabila mulai timbul gejala dehidrasi.

  • Menempelkan kain atau handuk yang sudah dibasahi pada bagian tubuh seperti wajah, leher, perut, dada, dan punggung.
  • Gunakan lip balm untuk mengatasi bibir kering akibat dehidrasi.
  • Meletakkan es atau minuman yang sehat dan menyegarkan dengan jarak yang dekat agar kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi menjadi lebih nyaman dan dehidrasi dapat segera diatasi.

Meski bisa diatasi dengan cara di atas, Anda tetap harus memerhatikan air minum yang Anda konsumsi. Dalam sehari, setidaknya Anda harus minum minimal 8 gelas agar kebutuhan air di dalam tubuh Anda tercukupi dengan baik. Untuk membantu memenuhi asupan cairan tubuh. Anda bisa mengonsumsi air mineral.

Aqua hadir untuk menjadi solusi tepat bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan mineral pada Aqua berbeda dengan air minum biasa dan air alkali. Aqua telah melalui proses yang higienis dan dikemas menggunakan plastik yang aman, bersih, dan ramah lingkungan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Aqua, Anda dapat mengunjungi  web resminya di www.sehataqua.co.id.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *