Cara Menjaga Sistem Imun Adalah dengan Memperhatikan Hal-hal Berikut Ini!

  • Whatsapp
Cara-Menjaga-Sistem-Imun-Adalah-dengan-Memperhatikan-Hal-hal-Berikut-Ini

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah  sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggungjawab atas imunitas yaitu mempertahankan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh potagen. Respon imun ialah respon kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing. Supaya berfungsi dengan baik sistem tersebut akan mengidentifikasi berbagai jenis pengaruh biologis luar meliputi bakteri, virus, infeksi serta parasit. Guna memusnahkan mereka dan zat asing agar jaringan organisme sehat dan berfungsi dengan normal.

Gangguan pada kekebalan tubuh bisa berupa penyakit autoimun, inflasi, imunodefisiensi dan kanker. Pada manusia imunodefisiensi disebabkan faktor genetik seperti pada penyakit defisiensi imunitas kombinasi serta kondisi seperti AIDS yang disebabkan retrovirus HIV. Sedangkan penyakit autoimun menyebabkan sistem imun menjadi hiperaktif untuk menyerang jaringan normal seolah-olah jaringan tersebut adalah benda asing. Obat imunosupresif berhasil menekan sistem kekebalan tubuh yang hiperaktif dan imunoterapi dilakukan sebagai pengobatan kanker.

Read More

Sistem kekebalan tubuh adalah sesuatu yang tidak bisa disepelekan. Karena perannya sangat penting bagi tubuh. Diantaranya yaitu menjaga sistem pertahanan tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak serta menjaga homeostatis atau keseimbangan tubuh. Selain itu perlu diwaspadai bahayanya penyakit sistem imun. Maka wajib hukumnya menjaga dan meningkatkan kerja dari sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Berikut beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Olahraga, apabila dilakukan secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis olahraga tidak harus yang berat-berat. Bisa dilakukan dengan jalan santai di pagi hari. Selain itu jenis olahraga lainnya bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing individu. Jika hal tersebut dilakukan secara teratur sistem kekebalan tubuh dapat mengalami peningkatan yang berkualitas.
  2. Konsumsi sayur dan buah, hal tersebut merupakan cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak dibatasi jenis sayur atau buah yang harus dikonsumsi. Anda bisa memakan setiap hari sayur dan buah yang Anda suka. Dengan begitu, sistem penjaga ini akan selalu ada di kondisi terbaik.
  3. Istirahat cukup, menurut ahli medis kualitas istirahat yang memadai berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Namun hal sebaliknya akan terjadi yaitu menurunnya kualitas daya tahan tubuh jika kualitas istirahat buruk. Umumnya waktu tidur yang baik 7-8 jam.
  4. Berjemur, salah satu sumber utama vitamin D adalah matahari. Seperti yang Anda ketahui bahwa vitamin D berperan penting dalam meningkatkan sistem imun. Terutama jika sistem daya tahan tubuh sedang berada di kondisi yang menurun akibat sedang sakit misalnya.
  5. Hindari stres, produksi hormon kortisol akan meningkat apabila stres tidak bisa dikendalikan. Sehingga Anda perlu pandai-pandai mengelola stres dengan baik. Dengan begitu hormon tersebut tidak meningkat dan sistem daya tahan tubuh tidak mengalami penurun.
  6. Hindari alkohol dan rokok, daya tahan tubuh seseorang akan rusak apabila sering terkena paparan asap rokok dan konsumsi alkohol. Perokok beresiko tinggi terkena penyakit infeksi paru. Sedangkan pecandu rokok dan juga alkohol sekaligus beresiko mengalami infeksi paru yang semakin parah.

Berbagai cara akan Anda lakukan agar terhindar dari berbagai penyakit. Untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas. Karena sistem imun adalah sistem yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tetapi pada kondisi tertentu Anda juga harus mengkonsumsi suplemen. Hal tersebut dilakukan tentunya berdasarkan saran dari dokter, utamanya jika memiliki riwayat penyakit tertentu. Karena dokter akan menyarankan jenis suplemen dan dosis yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *