Dokter Kandungan atau Bidan, Pilih Mana untuk Periksa Kehamilan?

Dokter-Kandungan-atau-Bidan-Pilih-Mana-untuk-Periksa-Kehamilan
Foto dari Canva

Dinyatakan positif hamil menjadi kabar gembira bagi pasutri yang menantikan kehadiran anak. Di tahap dini pula Anda perlu menyiapkan berbagai hal supaya kandungan terjaga hingga persalinan tiba. Salah satunya mempertimbangkan di mana sebaiknya bumil melakukan pemeriksaan: bidan atau dokter kandungan terbaik di Jakarta?

Dokter kandungan vs bidan, apa bedanya?

Baik dokter kandungan dan bidan sama-sama berpengalaman dalam menangani kehamilan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membedakannya, seperti yang dijelaskan berikut ini:

Read More
  • Latar belakang pendidikan

Sebelum menjadi dokter kandungan, orang-orang yang berprofesi di bidang ini harus mengambil pendidikan khusus di bidang kehamilan dan kelahiran yang berada di luar pendidikan dokter umum. Hal ini yang membuat mereka terlatih melakukan operasi. Sementara bidan mengikuti serangkaian pelatihan di bidang yang sama, hanya saja tak menimba ilmu kedokteran.

  • Jenis pemeriksaan kehamilan

Pemeriksaan dasar seperti tekanan darah, berat badan, dan gula darah dapat dilakukan dengan mudah oleh bidan. Namun, kalau bumil ingin memeriksakan kandungan secara lengkap, maka ada baiknya Anda pergi ke dokter kandungan. Selain itu, dokter kandungan juga direkomendasikan bagi bumil yang mengidap penyakit kronis.

  • Cara kerja yang diterapkan

Ketika memilih bidan, kehamilan dan kelahiran yang ditangani akan dipertimbangkan sebagai kejadian alih-alih medis. Konsultasi bersama mereka cenderung panjang, tetapi membantu bumil memenuhi nutrisi hingga menekan risiko potensi c-section. Sementara dokter menggunakan manajemen untuk memungkinkan intervensi sampai mempercepat kelahiran.

Adakah faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan?

Selain mengetahui perbedaan dokter kandungan dan bidan, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut sebelum menentukan pilihan:

  • Metode persalinan. Ingin secara normal atau operasi caesar? Jika kondisi kandungan memungkinkan persalinan normal, maka prosesnya bisa dilakukan di bisan. Sementara itu, dokter kandungan dapat menangani kedua metode tersebut;
  • Pendampingan selama persalinan. Dibandingkan dokter kandungan, bidan mempunyai waktu lebih luang untuk menemani pasiennya menjalani persalinan. Hal ini disebabkan dokter kandungan memiliki pasien yang lebih banyak untuk ditangani;
  • Menghadapi rasa sakit selama persalinan. Dokter kandungan biasanya memberikan suntikan epidural untuk menekan rasa sakit. Berbeda dengan bidan yang umumnya meminta Anda melakukan dorongan tanpa memakai obat bius;
  • Ekspektasi dari petugas medis. Melahirkan dengan bantuan dokter kandungan akan menempatkan Anda pada pemantauan berkala. Di tempat bidan, Anda diizinkan mondar-mandir atau diam di posisi yang nyaman;
  • Tempat bersalin. Jika bumil mendadak harus bersalin di rumah, bidan merupakan pilihan tepat karena mereka lebih fleksibel dari segi jadwal. Sementara Anda yang memilih di rumah sakit pasti ditangani dokter kandungan.

Dari penjelasan ini, Anda bisa simpulkan kapan sebaiknya memilih bidan dan dokter kandungan untuk menyiapkan kandungan hingga persalinan tiba. Semoga membantu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.