Kenalan dengan Ragam Jenis Modifikasi Motor Unik yang Belum Pernah Anda Lihat Sebelumnya

Kenalan-dengan-Ragam-Jenis-Modifikasi-Motor-Unik-yang-Belum-Pernah-Anda-Lihat-Sebelumnya
Foto dari Canva

Anda pasti pernah melihat kendaraan bermotor yang terlihat berbeda dan tidak biasa berkeliaran di jalan raya. Beberapa motor yang Anda lihat bisa saja termasuk dalam kategori motor yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar tampil unik dan memanjakan mata sipengendara maupun orang-orang disekitarnya. Namun nyatanya memiliki kendaraan motor yang dimodifikasi tidaklah mudah, lho! Karena perawatannya pasti sedikit lebih rumit dan tentunya harus menggunakan sparepart serta jenis oli mesin dan oli samping terbaik dikelasnya agar motor tetap awet saat digunakan. Pemilihan oli samping dan oli mesin yang tidak tepat dan tidak adanya pergantian secara regular dapat membuat umur mesin pendek. Sangat disanyakan jika modifikasi sudah keren namun usia mesin pendek. So, pastikan perawatan sparepart, ganti oli samping, dan oli mesin tetap diperhatikan terus menerus.

Modifikasi pada motor sendiri merupakan hal yang lazim dilakukan bagi para biker dan penggemar motor klasik. Beberapa macam modifikasi pada motor umumnya memilki jenis dan bentuk yang khas, simak ragam jenis modifikasi motor unik sebagai berikut.

Read More
  • Vintage bike

Jenis modifikasi motor yang satu ini memiliki penggemar yang cukup besar. Salah satu ciri khas modifikasi Vintage bike adalah originalitas, yang artinya sebisa mungkin motor hanya akan dimodif dengan sparepart asli. Meski terdangar sederhana, nyatanya semakin bertambahnya tahun tentu harga sparepart original akan semakin mahal dan langka dipasaran.

  • Chopper Bike

Salah satu hal unik dan berbeda dari Chopper bike dibandingkan jenis motor modifikasi lainnya adalah jarak antara stang motor dibagian depan yang cukup panjang sampai ke jok. Hal ini dikarenakan adanya modifikasi pada bagian sasis atau fork dibagian tengah. Ditambah lagi, umumnya rangka Chopper bike didesain dengan kemiringan tertentu karena posisi jok yg diletakkan lebih rendah dari biasanya. Ciri khas lainnya adalah penggunaan ukuran ban dan ketebalan yang kontras dimana roda balakang memiliki diameter yang lebih kecil dan lebih tebal.

  • Konsep low rider bike

Low rider bike merupakan jenis modifikasi dengan ketinggian bodi bagian bawah yang rendah dan hampir berdempetan dengan permukaan tanah. Modifikasi umumnya dilakukan dengan memotong kerangka motor dan bagian shockbreaker hingga mencopot tangki bensin lalu menggantinya dengan botol minuman agar semakin pendek.

  • Cafe racer

Jenis modifikasi yang satu ini memiliki desain yang cukup menarik perhatian, terutama pada bagian stang yang menggunakan stang jepit menunduk. Selain itu, tangki bahan bakar biasanya akan dibuat lebih ramping sekaligus memanjang agar pengendaran merasa lebih nyaman saat mengemudi. Jenis modifikasi Cafe racer dapat dibilang kembali populer saat ini karena gaya modifikasinya yang mengadopsi jenis motor balap zaman dulu. Meski begitu, jenis motor ini kurang cocok jika dikendarai dalam jarak jauh, karena posisi pengemudi yang terlalu menunduk akan membuat bagian punggung dan bahu cepat lelah.

Itu dia beberapa macam jenis modifikasi motor unik yang mungkin belum pernah Anda temui. Apapun jenis modifikasinya, pastikan Anda benar-benar memperhatikan detail perawatan secara seksama, jangan sampai motor yang dimodifikasi justru tidak bisa berjalan dengan optimal dan hanya menghabiskan dana diawal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.