Ketahui Manfaat dan Dampak Buruk Musik Saat Olahraga Lari Versi SehatQ

  • Whatsapp
Ketahui-Manfaat-dan-Dampak-Buruk-Musik-Saat-Olahraga-Lari-Versi-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Musik merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia yang telah ada sejak ribuan tahun silam. Keberadaan musik menjadi faktor penunjang aktivitas harian di mana saja dewasa ini. Tidak hanya bisa mendengarkan musik di kantor, pusat perbelanjaan atau tempat umum lain, Anda bisa mendengarkan musik saat berolahraga di rumah seperti senam menggunakan musik sebagai irama pendukung. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan headset sport untuk mendengarkan musik selama melakukan aktivitas lari di sekitar rumah.

Manfaat mendengarkan musik saat olahraga lari

Agar Anda yakin membeli headset sport guna mendukung olahraga setiap hari, sebaiknya ketahui beberapa manfaat mendengarkan musik selama berlari berikut :

Read More

1. Meningkatkan semangat

Musik bisa membantu Anda lebih bersemangat melakukan olahraga lari, termasuk para atlet yang bersiap menjalani lomba lari. Daftar lagu yang masuk dalam playlist favorit akan membuat semangat berlari lebih tinggi dan menghilangkan semua unsur yang mengganggu seperti ketegangan, kelelahan, mood yang buruk, dan lain-lain.

2. Bisa meningkatkan kecepatan lari

Berlari sembari mendengarkan musik dengan tempo dan volume sesuai keinginan bisa meningkatkan kecepatan lari Anda. Pasalnya, Anda akan termotivasi melakukan lari yang terbaik sesuai kecepatan tempo musik sekitar 120 bit/min. Namun, Anda yang ingin melakukan olahraga jogging ringan saja, sebaiknya pilih musik dengan tempo lebih rendah dari 120 bit/min.

3. Bisa memberikan kenyamanan

Kenyamanan selama berlari akan membuat Anda melakukan aktivitas lari lebih ringan. Persepsi kelelahan bisa ditahan oleh stimulus musik sehingga Anda bisa menyelesaikan lari dengan hasil maksimal. Anda bisa lebih kuat dan tahan lama selama melakukan olahraga sembari mendengarkan musik, lho!

Manfaat mendengarkan musik saat lari bisa membuat Anda berpikir lebih positif dan produktif. Sugesti dan semangat dari mendengarkan musik favorit bisa menunjang perilaku dan cara berpikir yang rasional. Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan semangat menyambut tantangan kehidupan yang baru.

Dampak buruk mendengarkan musik saat olahraga

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis Anda, musik juga memiliki sisi lain yang harus Anda ketahui. Hal ini berlaku bila Anda mendengarkan musik menggunakan headphone dengan kabel di lingkungan yang sibuk. Bisa jadi Anda menjadi kurang awas dengan lingkungan sekitar sehingga memicu terjadi risiko kecelakaan di jalanan umum dan cedera lainnya.

Tidak semua kesempatan Anda harus mendengarkan musik sehingga memicu ketergantungan. Artinya Anda tidak bisa berlari cepat atau konstan tanpa bantuan musik yang bisa berakibat pada kekacauan kecepatan lari. Hal ini jelas merugikan Anda yang tengah mengikuti ajang perlombaan lari seperti maraton atau lari jarak jauh tertentu.

Tentu dampak buruk mendengarkan musik bisa Anda atasi selama tahu cara mengontrol kapan harus berlari dengan musik atau memilih fokus berlari sembari menikmati suasana alam yang masih segar. Jika Anda tahu cara menyeimbangkan kebutuhan mendengarkan musik selama berlari ringan di sekitar kompleks rumah, maka manfaat mendengarkan musik saat olahraga sangat besar untuk kesehatan tubuh dan pikiran terbebas dari stress.

Jika Anda masih ragu hendak beli headset sport yang mendapatkan review positif dari pengguna lain, tidak ada salahnya konsultasi dengan dokter di SehatQ. Setiap orang memiliki preferensi mendengarkan musik yang berbeda sehingga Anda bisa bertanya seputar tips dan trik kesehatan yang berkaitan dengan alunan musik sekarang juga. Memanfaatkan musik untuk mendukung tubuh dan pikiran yang lebih sehat, kenapa tidak? Yuk, manfaatkan fitur chat dokter gratis di SehatQ lewat ponsel Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *