Pengobatan Penyakit Diabetes yang Bisa Kalian Lakukan

  • Whatsapp
Pengobatan-Penyakit-Diabetes-yang-Bisa-Kalian-Lakukan

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh kadar gula yang melebihi batas normal dalam darah Anda. Kadar gula darah yang melebihi batas merupakan faktor utama pemicu terjadinya penyakit ini. Penyakit ini juga bersifat menular bagi keluarga, pada beberapa khusus, setiap anak yang terkena diabetes pasti memiliki riwayat keluarga yang terkena penyakit yang sama. Maka dari itu, kalian bisa melakukan beberapa tips pengobatan penyakit diabetes di bawah ini untuk mencegah penularan terhadap keluarga Anda.

Tips Pengobatan dan Pencegahan Diabetes

Bagi Anda yang telah terkena penyakit diabetes, sangat penting untuk merencanakan pengobatan serta pencegahan. Pengobatan penyakit diabetes berfungsi bagi diri Anda, agar tidak semakin parah. Sedangkan pencegahan, berguna bagi keluarga Anda yang berpotensi mengalami penyakit serupa di kemudian hari. Simak beberapa penjelasan berikut untuk pengobatan dan pencegahan bagi Anda dan keluarga.

Read More

1. Perubahan pola makan

Anda yang telah terkena diabetes disarankan untuk mengganti pola makan dengan buah, biji-bijian, sayur, serta makanan berkalori dan berlemak tinggi. Anda dan keluarga diharuskan berkonsultasi pada ahli gizi atau dokter untuk merumuskan pola makan sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk membatasi jumlah gula yang akan masuk dalam darah.

2. Berolahraga

Olahraga dapat membantu untuk mengubah kadar gula darah yang mengendap dalam tubuh Anda menjadi energi. Selain itu, olahraga juga berfungsi sebagai peningkat sensitivitas sel pada insulin. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin selama 10-30 menit dalam satu hari. Anda dapat meminta saran dari dokter, untuk jenis olahraga apa yang bisa dilakukan.

3. Terapi insulin

Terapi ini bertujuan untuk mengatur kadar gula darah yang ada pada tubuh Anda. Terapi insulin ini dilakukan sehari-hari untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap pada batas normal. Insulin tambahan ini di masukan dalam tubuh dengan cara injeksi, bukan dengan obat-obatan. Sementara jenis, dan cara menyuntikkan insulin akan diberitahukan dokter kepada Anda.

4. Kontrol gula darah

Tips pengobatan penyakit diabetes selanjutnya adalah, kontrol pada gula darah yang masuk pada tubuh Anda secara disiplin. Hal ini bisa Anda lakukan dengan pola makan sehat yang bisa diterapkan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh Anda agar tetap dalam keadaan normal. Selain itu, Anda juga bisa mengatur kadar gula darah dengan mengatur jadwal tes HbA1C, sebagai cara untuk melihat kadar gula darah selam 2-3 bulan terakhir.

Demikian tips pengobatan penyakit diabetes yang bisa Anda aplikasikan. Semoga bermanfaat untuk diri Anda yang sedang mengalami gejala diabetes atau berupaya mencegahnya. Untuk lebih jelasnya silakan berkonsultasi pada dokter agar Anda tidak salah langkah dalam menentukan penanganan pada penyakit diabetes yang Anda derita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *