Tips Menghindari Stres Pada Mata Karena Kelamaan Depan Komputer atau Gadget

  • Whatsapp

Tidak cuma pemikiran, indra pandangan dapat juga alami stres jika diberi beban berlebihan. Keadaan yang diketahui jadi stres mata ini, berlangsung saat mata jadi tegang serta capek karena lihat atau memandang suatu hal dalam tempo yang kelamaan.

Walau jarang-jarang memunculkan kehancuran pada mata, stres mata dapat mengganggu kegiatan. Untuk menanganinya, ada banyak panduan yang dapat Anda kerjakan supaya mata lebih santai waktu melakukan aktivitas serta tidak gampang capek, yakni:

Read More

1. Mengatur jarak

Yakinkan jarak monitor laptop, computer, gadget, atau buku paling tidak 60 cm dari mata.

2. Pakai filter monitor

Imbuhkan filter pada monitor laptop atau computer, supaya mata tidak kelamaan terkena cahaya biru yang dapat mengakibatkan stres mata.

3. Istirahatkan mata

Bila melakukan pekerjaan di muka computer, alihkan pandangan Anda setiap 20 menit ke objek lain yang jaraknya jauh. Lihat objek itu sepanjang 20 detik, lalu teruskan pekerjaan. Seterusnya, tiap dua jam sekali, istirahatkan mata Anda sepanjang 15 menit.

4. Mengatur pencahayaan

Bila sinar monitor laptop, computer, atau gadget tambah lebih jelas dibanding sinar di ruang, karena itu mata akan kerja lebih keras untuk lihat. Oleh karenanya, yakinkan ruangan kerja atau kamar Anda mempunyai pencahayaan yang cukup untuk melakukan aktivitas, tidak jelas atau gelap.

5. Terlepas lensa kontak

Bila Anda memakai lensa kontak, beri mata Anda waktu untuk beristirahat dengan kadang-kadang menggunakan kacamata. Diluar itu, jangan pakai lensa kontak saat tidur serta rutinlah menggantinya dengan yang baru.

Tidak hanya lakukan beberapa cara di atas, Anda dapat membersihkan mata untuk menurunkan iritasi karena stres mata. Berikut beberapa langkah membersihkan mata:

  • Yakinkan tangan Anda bersih sebelum membersihkan mata.
  • Bebaskan lensa kontak bila sedang menggunakannya.
  • Isi mangkok atau wadah kecil dengan air bersih, lalu celupkan muka Anda ke wadah itu sekalian berkedip. Kerjakan sepanjang 15 menit.
  • Sesudah berasa lebih baik, angkat muka serta keringkan dengan handuk.

Anda dapat juga membersihkan mata memakai produk larutan pembersih mata yang di jual bebas di apotek atau toko obat. Larutan ini biasanya memiliki kandungan benzalkonium chloride yang aman untuk mata serta biasa digunakan untuk menangani iritasi atau mata kering.

Bila beberapa cara di atas sudah dikerjakan tetapi Anda masih alami masalah pandangan atau ketidak nyamanan pada mata, selekasnya tanyakan pada dokter mata untuk memperoleh perlakuan yang pas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *